RESUME Materi CRM

 




Nama : Husnul Nadya. F

Kelas : C 24

NIM : 240907502036


Dari ppt kelompok 1B saya bisa paham bahwa CRM itu merupakan suatu konsep mutidimensi yang fokus pada hubungan perusahaan dengan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan nilai pelanggan serta memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. CRM dulu hanya dipakai untuk mencatat data pelanggan tapi sekarang telah berkembang menjadi strategi digital yang memanfaatkan media sosial, AI, dan teknologi lain.

Kemudian dari ppt kelompok 2C saya dapat memahami bahwa pentingnya CRM dalam bisnis modern ialah dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan retensi pelanggan. CRM dalam bisnis modern bukan hanya sekedar alat pencatatan data pelanggan, tetapi menjadi strategi penting untuk memenangkan persaingan, menciptakan kepuasan, dan menjaga loyalitas pelanggan.

Lalu dari kelompok 3B saya dapat memahami bahwa Elemen kunci CRM ada Strategi pelanggan (Customer Strategy), Teknologi CRM (CRM Technology), Manajemen data pelanggan (Customer data Management), Personalisasi (Personalization), Interaksi pelanggan (Customer Interaction), dan pengukuran kinerja CRM (CRM performance Measurement).

Pada kelompok 4C saya paham bahwa analisis CRM fokus pada pengumpulan, analisis, dan inerpretasi data pelanggan untuk menghasilkan wawasan yang lebih mendalam. Ada segmentasi pelanggan yang dimana mengelompokkan pelanggan berdasarkan demografi, perilaku, dan prefensi. Ada analisis kampanye yang mengukur efektivitas kampanye pemasaran untuk meningkatkan ROI. Ada prediksi perilaku yang dapat memprediksi kebutuhan atau risiko kehilangan pelanggan di masa depan. Terakhir ada Laporan & dashboard yang dimana visualisasi data mudah dipaham untuk mengambil keputusan dengan cepat.

Post a Comment

Previous Post Next Post